Rabu, 31 Agustus 2016

Eksperimen Menarik: Cuka dan Telur



Cobalah melakukan eksperimen dari sebuah telur. Seperti yang kita ketahui, si bulat lonjong yang dihasilkan oleh hewan unggas atau burung ini memang banyak sekali pemanfaatnya bagi manusia.

Dalam melakukan eksperimen ini yang perlu dipersiapkan adalah :
1   Beberapa telor ayam mentah
2   cuka

Caranya :
1   Tuangkan cuka 9% ke dalam sebuah gelas transparan.
2   Rendam telur dalam cuka (cuka glasial) selama 1-3 hari Lalu perhatikanlah reaksinya. Di sekitar permukaan telur akan segera terbentuk gelembung karbon dioksida.
3   Setelah diamati, cuci bersih telur dari kulit kerasnya.

Fakta menunjukkan bahwa sebanyak 90% cangkang telur burung terdiri atas Calsium Carbonate. Nah, ketika zat tersebut bercampur dengan acid dari cuka, maka permukaan cangkang telur akan mulai melepaskan zat CO2 tersebut perlahan – lahan. Setelah proses yang lama, yaitu kurang lebih sekitar 12 – 15 jam, maka zat Calsium Carbonate pada cangkang telur akan mulai larut dan menghilang. Dan hanya tinggal lapisan tipis pada permukaan telur. Sehingga akan terlihat telur hanya terbungkus oleh kulit arinya saja. Kemudian dapat dilihat telur akan menjadi bening dan lunak seperti telur penyu. Lapisan telur itu sangat tipis dan bisa pecah jika Anda tidak memegangnya dengan hati – hati. Sebagai peringatan Jangan sekali – kali mencoba untuk memakannya, karena telur ini sudah melalui proses pencampuran zat kimia sehingga menjadi berbahaya. Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar